oleh

10.500 Anak di Sikka Sudah Miliki KIA

-METRO-417 views

MAUMERE, MN- Sebanyak 10.500 anak di wilayah Kabupaten Sikka, saat ini telah memiliki kartu identitas anak (KIA). Kepemilikan KIA ini sejalan dengan program pemerintah pusat terkait dengan administrasi kependudukan bagi anak usai sekolah.

Dan di Kabupaten Sikka, KIA itu langsung diserahkan secara simbolis Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga kepada perwakilan anak-anak dari sejumlah sekolah di 2 kecamatan yakni, Kecamatan Alok Barat dan Alok Timur.

Launching penerapan dan pemanfaatan KIA dan dilanjutkan rapat koordinasi percepatan cakupan pelayanan akta kelahiran dan 0-18 tahun tersebut, berlangsung di Sikka Convention Centre (SCC), Senin (18/11/2019).

Wabup Romanus dalam kesempatan itu menekankan 5 hal penting, yaknni pertama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga untuk kepentingan KIA dan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan Polindes untuk keperluan akta kelahiran.

Kedua, Wabup juga berpesan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Kampung, untuk mendukung program percepatan ini. Ketriga, Disdukcapil diharapkan ke depannya terus membangun kerjasama dengan mitra terkait, seperti toko buku agar anak-anak yang memiliki KIA bisa mendapatkan diskon pembelian buku.

Kempat, Disdukcapil Sikka, diharapkan terus melakukan terobosan dan inovasi agar dalam memperoleh akta kelahiran maupun KIA, tidak dipersulit dan cepat dalam penanganan KIA dan akta kelahiran. Kelima, bangun kerjasama dengan LSM dalam rangka untuk percapatan cakupan pelayanan akta kelahiran dan KIA di wilayah ini.(MAR-RE)

Bagikan

Komentar

Berita Lainnya